Info

SELAMAT DATANG

My Radian | Indonesia Visi Menjadi Sebuah Lembaga / Instansi yang berguna dan bermanfaat bagi dunia dan semua orang disekitarnya , Serta Mampu Menciptkan Suatu Hasil Karya Nyata yang terbaik dan menjadi kebutuhan hidup setiap orang didunia untuk membantu meringankan Aktivitas Sehari Hari.

Sekilas Tentang Admin

My Radian | Indonesia, Nama Pembuat : Rana, Tanggal Pembuatan 21 November 2011 Dengan Menggunakan Nama Phoenix, dengan kemudian berganti menjadi RADIAN pertanggal 29 Oktober 2012 Terima Kasih

PT. RADIAN INDONESIA

Ini adalah Impian saya, Mendirikan Sebuah Perusahaan dengan Nama RADIAN INDONESIA . Mohon Doa Dan Dukungan

PT. RADIAN INDONESIA

RADIAN OF THE FUTURE

PT. RADIAN INDONESIA

This Is My Life, @myradian_ | Always Loving You

FOR INDONESIAN

ART RADIAN

HAPPY BIRTHDAY NICE AND FRESH BE A BETTER

ART RADIAN

Follow Me

Rabu, 02 November 2011

SEJARAH FACEBOOK

Facebook

Facebook (atau facebook) adalah sebuah Layanan Jejaring Sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari Nama Buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini. Facebook didirikan oleh Mark Zuckberg  bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin Dustin Moskovitz danCris Hughes  Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston lvy League , dan Universitas Standford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
        Studi Compete.com  bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai Layanan Jejaring Sosial paling banyak digunakan menurut pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, diikuti oleh My Space Entertainmet Weekly  menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana cara kita menguntit bekas kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan memainkan permainan Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 135,1 juta pengunjung bulanan di AS pada Oktober 2010. Menurut Social Media Today pada April 2010, diperkirakan bahwa 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook

Sejarah

           Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai  Mahasiswa Tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot Or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi"
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meratas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki "Buku Wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.         Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan. Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "Thefacebook" yang awalnya berada di situs thefacebook.com. Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan. Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat. Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.


Tanggal Pengguna Hari Pertumbuhan bulanan
Total pengguna aktif (juta)
Agustus 26 2008 100 1.665 178.38%
April 8 2009 200 225 13.33%
September 15 2009 300 150 10%
Februari 5 2010 400 143 6.99%
Juli 21 2010 500 166 4.52%
Januari 05 2011 600 168 3.57%
700 301 (berlangsung)
Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung.[34] Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft.Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah. Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon.Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.
Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010. Facebook juga menjadi jejaring sosial teratas dari delapan pasar perorangan di Asia, yaitu Filipina, Australia, Indonesia, Malaysia, Singapura, Selandia Baru, Hong Kong dan Vietnam, sementara merek lain masih mempertahankan posisi teratas mereka di beberapa pasar, termasuk Orkut milik Google di India, Mixi.jp di Jepang, CyWorld di Korea Selatan, dan Wretch.cc milik Yahoo! di Taiwan.[rujukan?]

Perusahaan


Pintu masuk ke kantor pusat Facebook di Stanford Research Park, Palo Alto, California.
Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft adalah rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan spanduk, dan Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft. Menurut comScore, sebuah perusahaan riset pemasaran Internet, Facebook memperoleh data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan Microsoft, namun sedikit kurang dari Yahoo!.Tahun 2010, tim keamanan Facebook mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko privasi pengguna. Pada 6 November 2007, Facebook meluncurkan Facebook Beacon yang kemudian menjadi usaha gagal untuk beriklan kepada teman pengguna menggunakan cara "apa yang dibeli teman".
       Facebook umumnya memiliki tingkat klik (CTR) yang lebih rendah untuk iklan daripada situs-situs web besar lainnya. Untuk iklan spanduk, mereka menerima seperlima jumlah klik di Facebook jika dibandingkan dengan Web secara keseluruhan. Ini berarti bahwa persentase kecil pengguna Facebook mengklik iklan lebih banyak dibanding situs web lain. Misalnya, pengguna Google mengklik iklan pertama pada hasil pencarian dengan rata-rata 8% dalam satu waktu (80.000 klik untuk setiap satu juta pencarian),sementara pengguna Facebook mengklik iklan dengan rata-rata 0,04% dalam satu waktu (400 klik untuk setiap satu juta halaman).
Sarah Smith, dulunya Manajer Operasi Penjualan Daring Facebook, mengakui bahwa kampanye periklanan mereka memiliki tingkat klik serendah 0,05% sampai 0,04%, dan tingkat klik untuk iklan cenderung menurun dalam dua minggu. Tingkat klik di jejaring sosial saingan, MySpace, jika dibandingkan berkisar 0,1%, 2,5 kali lebih baik dari Facebook tetapi masih rendah dibandingkan dengan situs web lain. Penjelasan untuk tingkat klik Facebook yang rendah adalah bahwa pengguna Facebook lebih cerdas secara teknologi dan menggunakan perangkat pemblokiran iklan untuk menyembunyikan iklan, penggunanya lebih muda dan lebih pintar dalam mengabaikan pesan iklan. Di MySpace, pengguna menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi isinya, sementara di Facebook, pengguna menghabiskan waktu mereka berkomunikasi dengan teman dan perhatian mereka teralihkan dari iklan.
Tahun Pendapatan Pertumbuhan
Pendapatan (diperkirakan, dalam juta US$)
2006 $52
2007 $150 Kesalahan ekspresi: Karakter tanda baca "[" tak dikenali%
2008 $280 Kesalahan ekspresi: Karakter tanda baca "[" tak dikenali%
2009 $775 Kesalahan ekspresi: Karakter tanda baca "[" tak dikenali%
2010 $2.000 Kesalahan ekspresi: Karakter tanda baca "[" tak dikenali%
Di halaman merek dan produk, sejumlah perusahaan melaporkan tingkat klik setinggi 6,49% untuk kiriman Dinding.[58] Involver, sebuah platform pemasaran sosial, mengumumkan pada Juli 2008 bahwa mereka berusaha memperoleh tingkat klik 0,7% di Facebook (10 kali lebih tinggi dari tingkat klik kampanye iklan Facebook) untuk klien pertamanya, Serena Software, yang berusaha mengubah 1,1 juta tampilan menjadi 8,000 kunjungan ke situs mereka. Studi menunjukkan bahwa untuk iklan video di Facebook, hampir 40% pengguna yang melihat video tersebut menyaksikan keseluruhannya, sementara rata-rata industri adalah 25% untuk iklan video spanduk.
     Facebook memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara. Mengenai kepemilikan Facebook, Mark Zuckerberg memiliki 24% saham perusahaan, Accel Partners 10%, Digital Sky Technologies 10%, Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean Parker 4%, Peter Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech Capital Partners antara 1 - 2% masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%, Interpublic Group kurang dari 0.5%, sekelompok kecil karyawan dan bekas karyawan serta selebriti masing-masing memiliki kurang dari 1%, termasuk Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam D'Angelo, Chris Hughes, dan Owen Van Natta, sementara Reid Hoffman dan Mark Pincus memiliki kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya dimiliki oleh karyawan, sejumlah selebriti, dan investor asing. Adam D'Angelo, kepala bidang teknologi dan teman Zuckerberg, mengundurkan diri pada Mei 2008. Beberapa laporan mengklaim bahwa ia dan Zuckerberg mulai bertengkar, dan ia tidak lagi tertarik dengan kepemilikan perusahaan ini.
Pada 15 November 2010, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh FB.com dari American Farm Bureau Association dengan nilai yang tidak disebutkan. Pada 11 Januari 2011, Farm Bureau mengumumkan "pendapatan penjualan ranah" sebesar US$8,5 juta, sehingga pembelian FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan ranah termahal sepanjang sejarah.

Situs web

Halaman utama Facebook menampilkan formulir log masuk di kanan atas untuk pengguna terdaftar, dan formulir pendaftaran di bawahnya untuk pengunjung baru.
Pengguna dapat membuat profil dilengkapi foto, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain. Pengguna dapat berkomunikasi dengan teman dan pengguna lain melalui pesan pribadi atau umum dan fitur obrolan. Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan "halaman kesukaan" (dulu disebut "halaman penggemar" hingga 19 April 2010), beberapa di antaranya diurus oleh banyak organisasi dengan maksud beriklan.
Untuk mencegah keluhan tentang privasi, Facebook mengizinkan pengguna mengatur privasi mereka dan memilih siapa saja yang dapat melihat bagian-bagian tertentu dari profil mereka. Situs web ini gratis untuk pengguna dan mengambil keuntungan melalui iklan seperti iklan spanduk. Facebook membutuhkan nama pengguna dan foto profil (jika ada) agar dapat diakses oleh setiap orang. Pengguna dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi yang mereka bagikan, juga menemukannya melalui pencarian dengan memanfaatkan pengaturan privasi.
Profil Facebook tahun 2011.
Media sering memperbandingkan Facebook dengan MySpace, namun satu perbedaan utama di antara kedua situs tersebut adalah tingkat kustomisasinya. Perbedaan lainnya adalah persyaratan Facebook agar pengguna dapat mengatur identitas asli mereka, dan langkah tersebut tidak diterapkan di MySpace. MySpace mengizinkan pengguna mendekorasi profil mereka menggunakan HTML dan Cascading Style Sheets (CSS), sementara Facebook hanya mengizinkan teks mentah.Facebook memiliki sejumlah fitur yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Salah satunya adalah Dinding, kotak di setiap halaman profil pengguna yang mengizinkan teman mereka mengirimkan pesan kepada pengguna tersebut; Colek, yang memungkinkan pengguna mengirimkan "colekan" virtual satu sama lain (pemberitahuan memberitahu pengguna bahwa mereka telah dicolek); Foto, tempat pengguna dapat mengunggah album dan foto; dan Status, yang memungkinkan pengguna untuk memberitahukan teman mereka mengenai keberadaan dan tindakan mereka saat itu. Tergantung pengaturan privasinya, setiap orang yang dapat melihat sebuah profil pengguna dapat juga melihat Dinding pengguna. Bulan Juli 2007, Facebook mulai mengizinkan pengguna mengirimkan lampiran di Dinding, berbeda dari Dinding sebelumnya yang terbatas pada konten teks saja.
Antarmuka pengguna grafis Facebook pada telepon genggam
Sepanjang waktu, Facebook menambahkan fitur ke situsnya. Pada 6 September 2006, News Feed diluncurkan yang ditempatkan di setiap halaman utama pengguna dan memberitahukan informasi seperti perubahan profil, acara berikutnya, dan ulang tahun teman pengguna.[77] Hal ini memungkinkan pengirim spam dan pengguna lain memainipulasi fitur-fitur tersebut dengan membuat acara bohong atau ulang tahun bohong demi menarik perhatian ke profil atau kampanye tersebut.[78] Awalnya, News Feed memunculkan ketidakpuasan di antara pengguna Facebook; sejumlah di antaranya mengeluh karena terlalu berantakan dan penuh dengan informasi yang tidak perlu, sementara pengguna lain menganggapnya mudah bagi pengguna untuk melacak aktivitas seseorang (seperti perubahan status hubungan, acara, dan percakapan dengan pengguna lain).
      Sebagai respon, Zuckerberg mengirimkan permintaan maafnya atas kegagalan situs ini untuk memasukkan fitur privasi yang dapat diatur sendiri. Sejak itu, pengguna mulai mendapat kontrol terhadap jenis-jenis informasi apa saja yang dapat dibagikan secara otomatis kepada teman. Sekarang pengguna mampu mencegah sekelompok teman melihat pembaruan aktivitas-aktivitasnya seperti perubahan profil, kiriman Dinding, dan teman yang baru ditambahkan.
Tanggal 23 Februari 2010, Facebook diberikan paten terhadap serangkaian aspek News Feed-nya. Paten ini mencakup News Feed ketika pranala dikirimkan sehingga satu pengguna dapat berpartisipasi dalam aktivitas yang sama seperti pengguna lain. Paten ini mendorong Facebook untuk mengambil tindakan terhadap situs-situs yang melanggar patennya, seperti Twitter.
Salah satu aplikasi paling populer di Facebook adalah Foto, tempat pengguna dapat mengunggah album dan foto.Facebook mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dalam jumlah tak terbatas, dibandingkan layanan penyimpanan gambar seperti Photobucket dan Flickr yang membatasi jumlah foto yang dapat diunggah seseorang. Pada tahun-tahun pertamanya, pengguna Facebook dibatasi untuk mengunggak 60 foto per album. Pada Mei 2009, batas ini dinaikkan menjadi 200 foto per album
     Pengaturan privasi dapat diatur untuk album individu yang membatasi kelompok pengguna yang dapat melihatnya. Misalnya, privasi suatu album diatur sedemikian rupa sehingga hanya teman pengguna yang bisa melihatnya, sementara privasi album lain diatur sehingga semua pengguna Facebook bisa melihatnya. Fitur lain dari aplikasi Foto adalah kemampuannya untuk "tag", atau menandai pengguna di sebuah foto. Misalnya, jika sebauh foto berisi seorang teman pengguna, maka pengguna dapat menandai temannya di foto tersebut. Tindakan tersebut mengirimkan pemberitahuan kepada teman yang ditandai dan memberikan mereka tautan untuk melihat foto tersebut.[89]

Profil Thefacebook tahun 2005

Profil Facebook tahun 2007
Facebook Notes diperkenalkan pada 22 Agustus 2006, sebuah fitur blog yang mengizinkan tag dan penanaman gambar. Pengguna dapat mengimpor blog dari Xanga, LiveJournal, Blogger, dan layanan blog lain.[36] Sepanjang minggu 7 April 2008, Facebook merilis aplikasi pesan instan berbasis Comet[90] bernama "Chat" ke sejumlah profil,[91] yang mengizinkan pengguna berkomunikasi dengan teman dan fungsinya sama seperti pengantar pesan instan berbasis desktop.
Facebook meluncurkan Gifts pada 8 Februari 2007 yang memungkinkan pengguna mengirimkan hadiah virtual kepada temannya yang muncul di profil penerima. Masing-masing hadiah berharga $1,00 dan pesan pribadi dapat disertakan pada setiap hadiah.[92][93] Tanggal 14 Mei 2007, Facebook meluncurkan Marketplace, yang memungkinkan pengguna mengirimkan iklan pendek gratis.[94] Marketplace telah dibanding-bandingkan dengan Craigslist oleh CNET, yang menunjukkan bahwa perbedaan utama antara keduanya adalah daftar yang dikirimkan pengguna di Marketplace hanya bisa dilihat oleh pengguna yang berada di jaringan yang sama seperti pengguna tersebut, sementara daftar yang dikirimkan di Craigslist dapat dilihat oleh semua orang.[95]
Tanggal 20 Juli 2008, Facebook meluncurkan "Facebook Beta", yaitu desain ulang antarmuka penggunanya pada beberapa jaringan. Mini-Feed dan Dinding digabungkan, profil dipisah menjadi tab, dan mereka berusaha untuk membuatnya terlihat lebih "sederhana".[96] Setelah awalnya memberi pengguna pilihan untuk pindah, Facebook mulai memindahkan semua pengguna ke versi halaman baru pada September 2008.[97] Tanggal 11 Desember 2008, diumumkan bahwa Facebook sedang menguji proses pendaftaran yang lebih mudah.[98]
Tanggal 13 Juni 2009, Facebook memperkenalkan fitur "Usernames", yaitu halaman-halaman dapat ditautkan menggunakan URL yang lebih simpel seperti http://www.facebook.com/facebook dibandingkan dengan http://www.facebook.com/profile.php?id=20531316728.[99] Banyak telepon pintar baru menawarkan akses ke Facebook melalui peramban web atau aplikasi mereka. Aplikasi Facebook yang resmi diluncurkan untuk iPhone OS, Android OS, dan WebOS. Nokia dan Research In Motion menyediakan aplikasi Facebook pada telepon genggam mereka. Lebih dari 150 juta pengguna aktif mengakses Facebook melalui telepon genggam yang terdaftar pada 200 operator di 60 negara.
Tanggal 15 November 2010, Facebook mengumumkan layanan "Facebook Messages" baru. Pada media hari itu, CEO Mark Zuckeberg mengatakan, "memang benar bahwa seseorang dapat memperoleh alamat surel @facebook.com, namun itu bukan surel." Peluncuran fitur tersebut telah diantisipasi sementara waktu sebelum pengumuman ini, dengan sejumlah pengamat menyebutnya sebagai "pembunuh Gmail". Sistem ini, yang akan diluncurkan kepada semua pengguna situs tersebut, menggabungkan pesan teks, pesan instan, surel, dan pesan reguler, dan akan meliputi pengaturan privasi sama seperti layanan Facebook. Dijuluki "Project Titan", Facebook Messages memakan 15 bulan dalam pengembangannya.[100][101]

[sunting] Penerimaan

Menurut comScore, Facebook adalah situs jaringan sosial terdepan berdasarkan jumlah pengunjung bulanan dan mengalahkan pesaing utamanya, MySpace pada April 2008.[102] ComScore melaporkan bahwa Facebook menarik 130 juta pengunjung pada Mei 2010, sebuah peningkatan sebesar 8,6 juta orang.[103] Menurut Alexa, peringkat Facebook di antara seluruh situs web menurut lalu lintas dunia naik dari 60 ke 7 mulai September 2006 hingga September 2007, dan saat ini peringkat ke-2 tertinggi di dunia.[104] Quantcast[105] dan Compete.com[106] menempatkan Facebook pada peringkat ke-2 menurut lalu lintas di AS. Situs web ini adalah yang paling populer untuk mengunggah foto, dengan total 50 milyar unggahan foto.[107] Tahun 2010, Sophos "Security Threat Report 2010" melakukan pemungutan suara dari 500 firma, 60% di antaranya mengatakan bahwa mereka percaya Facebook adalah jaringan sosial yang memiliki ancaman keamanan terbesar dibandingkan MySpace, Twitter, dan LinkedIn.[47]
Facebook adalah salah satu situs jaringan sosial paling populer di sejumlah negara penutur bahasa Inggris, termasuk Kanada,[108] Britania Raya,[109] dan Amerika Serikat.[110][111][112][113] Pada pasar Internet regional, penetrasi Facebook tertinggi ada di Amerika Utara (69%), diikuti Timur Tengah-Afrika (67%), Amerika Latin (58%), Eropa (57%), dan Asia-Pasifik (17%).[114]
Situs ini telah memenangkan berbagai penghargaan seperti "Top 100 Classic Websites" oleh PC Magazine tahun 2007,[115] dan "People's Voice Award" dari Webby Awards tahun 2008.[116] Dalam studi tahun 2006 yang dilakukan Student Monitor, sebuah perusahaan riset pasar mahasiswa perguruna tinggi yang berbasis di New Jersey, Facebook disebut sebagai hal yang paling populer kedua di antara para sarjana, sejajar dengan bir dan kurang populer dibandingkan iPod yang menempati peringkat pertama.[117]
Bulan Maret 2010, Hakim Richard Seeborg mengeluarkan perintah menyetujui penyelesaian kelompok dalam kasus Lane v. Facebook, Inc., tuntutan hukum kelompok yang muncul karena program Facebook Beacon.
Tahun 2010, Facebook memenangkan "Best Overall Startup or Product" dari Crunchie untuk ketiga kalinya secara berturut-turut[118] dan diakui sebagai salah satu "Perusahaan Silicon Valley Terbaik" oleh Lead411.[119] Tetapi, menurut survei bulan Juli 2010 oleh American Customer Satisfaction Index, Facebook mendapatkan skor 64 dari 100 dan menempatkannya di bawah dari seluruh perusahaan swasta menurut kepuasan pelanggan, bersama industri-industri seperti sistem berkas elektronik IRS, maskapai penerbangan dan perusahaan kabel. Alasan Facebook mendapat skor rendah yaitu masalah privasi, sering berubahnya antarmuka situs, hasil yang diberikan News Feed, dan spam.[120]
Bulan Desember 2008, Mahkamah Agung Teritori Ibu Kota Australia mengeluarkan aturan bahwa Facebook merupakan protokol yang sah untuk melayani pemberitahuan pengadilan kepada terdakwa. Ini merupakan pengadilan hukum pertama di dunia yang menetapkan bahwa panggilan pengadilan yang dikirimkan melalui Facebook adalah ikatan hukum.[121] Bulan Maret 2008, hakim pembantu Pengadilan Tinggi Selandia Bru, David Glendall mengizinkan pelayanan berkas hukum Craig Axe oleh perusahaan Axe Market Garden dilakukan melalui Facebook.[122] Perusahaan (seperti Virgin Atlantic Airways) juga menggunakan Facebook dengan maksud agar tetap terhubung dengan karyawan mereka dan pernah memecat karyawan karena kiriman mereka.[123]
Pada 2005, pemakaian Facebook sudah sangat meluas sehingga kata kerja "facebooking" mulai digunakan untuk menjelaskan proses pencarian profil seseorang atau memperbarui profil diri sendiri.[124] Bulan 2008, Collins English Dictionary mengumumkan "Facebook" sebagai Kata Tahun Ini.[125] Bulan Desember 2008, New Oxford American Dictionary mengumumkan kata tahun ini adalah kata kerja "unfriend" yang didefinisikan sebagai "Menghapus seseorang sebagai 'teman' di sebuah situs jaringan sosial seperti Facebook. Misalnya, 'I decided to unfriend my roommate on Facebook after we had a fight.'"[126]
Pada April 2010, menurut The New York Times, negara yang memiliki pengguna Facebook terbanyak adalah Amerika Serikat, Britania Raya dan Indonesia.[127] Indonesia telah menjadi negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat dengan 24 juta pengguna atau 10% dari total penduduk Indonesia.[128] Pada awal 2010, Openbook didirikan, sebuah situs web parodi (dan advokasi pribadi)[129] yang memungkinkan pencarian berbasis teks terhadap kiriman-kiriman Dinding yang tersedia bagi "Semua orang" di Internet.
Penulis The Wall Street Journal menemukan pada 2010 bahwa aplikasi Facebook mengirimkan informasi identifikasi kepada "lusinan perusahaan periklanan dan pelacakan Internet". Aplikasi tersebut menggunakan referer HTTP yang memaparkan identitas pengguna dan teman-temannya. Facebook mengatakan, "Kami telah melakukan tindakan untuk mematikan semua aplikasi yang melanggar peraturan kami".[130]

Kritik

Facebook telah menghadapi berbagai kontroversi. Situs ini telah diblokir di beberapa negara termasuk Republik Rakyat Cina,[131] Vietnam,[132] Iran,[133] Uzbekistan,[134] Pakistan[135] Suriah,[136] dan Bangladesh atas alasan yang berbeda-beda. Misalnya karena anti-Islam dan konten diskriminasi agama yang diizinkan oleh Facebook, situs ini dilarang di banyak negara di dunia. Selain itu, Facebook juga dilarang di beberapa perkantoran untuk mencegah karyawan membuang-buang waktu.[137] Privasi pengguna Facebook juga dipermasalahkan dan keamanan akun pengguna telah ditembus beberapa kali. Facebook berhasil menyelesaikan tuntutan hukum mengenai klaim kode sumber dan properti intelektual.[138]

Dampak politik


Panggung debat Facebook – Saint Anselm College tahun 2008.
Peran Facebook pada proses politik Amerika Serikat muncul pada Januari 2008 sesaat sebelum Pendahuluan New Hampshire, ketika Facebook bersama ABC dan Saint Anselm College bekerjasama untuk mengizinkan pengguna memberi umpan balik langsung mengenai debat antara Partai Repbulik dan Demokrat tanggal 5 Januari.[139][140][141] Charles Gibson menjadi moderator debat yang diadakan di Dana Center for the Humanities di Saint Anselm College. Pengguna Facebook turut berpartisipasi dalam grup debat yang diatur berdasarkan topik tertentu, mendaftar untuk memilih, dan mengirim pertanyaan.[142]
Lebih dari 1.000.000 orang menginstal aplikasi 'US politics' di Facebook agar dapat berpartisipasi, dan aplikasi ini mengukur respon pengguna terhadap komentar tertentu yang dilontarkan oleh kandidat debat.[143] Debat ini menunjukkan kepada komunitas masyarakat tentang apa yang telah dialami remaja saat ini: Facebook adalah cara baru yang sangat populer dan kuat untuk berinteraksi dan menyuarakan pendapat. Artikel yang ditulis Michelle Sullivan di Uwire.com mengilustrasikan bagaimana "efek facebook" telah memengaruhi tingkat suara remaja, mendukung kandidat politik muda, dan keterlibatan umum populasi remaja pada pemilu 2008.[144]
Pada Februari 2008, sebuah grup Facebook bernama "One Million Voices Against FARC" mengadakan acara yang dihadiri ratusan ribu penduduk Kolombia yang memrotes Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, dikenal sebagai FARC (dari kepanjangannya yang berbahasa Spanyol).[145] Bulan Agustus 2010, salah satu situs pemerintah resmi Korea Utara, Uriminzokkiri, bergabung dengan Facebook.[146]
Tahun 2010, seorang direktur kesehatan masyarakat Inggris yang memimpin staf untuk meneliti sifilis, mempertautkan dan menyalahkan kenaikan kasus sipilis di sejumlah wilayah Britania kepada Facebook. Laporan penelitian ini dikecam oleh Facebook karena "mengabaikan perbedaan antara korelasi dan kausalitas."[147]

[sunting] Di media




Catatan

  1. ^ "Total pengguna aktif" ditetapkan oleh Facebook sebagai pengguna yang mengunjungi situs web ini dalam 30 hari terakhir.
  2. ^ "Pertumbuhan bulanan" adalah tingkat pertumbuhan persentase rata-rata ketika jumlah pengguna aktif bertambah setiap bulan pada periode tertentu.
  3. ^ This value is from an investment document. The date is from when the document was revealed to the public, not the actual date that the website reached this many users.

Catatan kaki

  1. ^ a b Eldon, Eric. (December 18, 2008). "2008 Growth Puts Facebook In Better Position to Make Money". VentureBeat. Diakses pada 19 Desember 2008.
  2. ^ "Facebook '09 revenue neared $800 mn", The Economic Times, 18 Juni 2010. Diakses pada 18 Juni 2010.
  3. ^ "Press Info", Facebook. Retrieved May 27, 2010.
  4. ^ Facebook.com – Traffic Details from Alexa. Alexa Internet, Inc. Diakses pada 7 Februari 2011
  5. ^ a b "Goldman to clients: Facebook has 600 million users", MSNBC, 5 Januari 2011. Diakses pada July January 15, 2011.
  6. ^ a b "Facebook Has More Than 600 Million Users, Goldman Tells Clients". Business Insider. 5 Januari 2011. Diakses pada Kesalahan: waktu tidak valid.
  7. ^ Carlson, Nicholas (March 5, 2010). "At Last – The Full Story Of How Facebook Was Founded". Business Insider.
  8. ^ Kazeniac, Andy. "Social Networks: Facebook Takes Over Top Spot, Twitter Climbs", Compete.com, 9 Februari 2009. Diakses pada 17 Februari 2009.
  9. ^ Geier, Thom; Jensen, Jeff; Jordan, Tina; Lyons, Margaret; Markovitz, Adam; Nashawaty, Chris; Pastorek, Whitney; Rice, Lynette; Rottenberg, Josh; Schwartz, Missy; Slezak, Michael; Snierson, Dan; Stack, Tim; Stroup, Kate; Tucker, Ken; Vary, Adam B.; Vozick-Levinson, Simon; Ward, Kate. "THE 100 Greatest Movies, TV Shows, Albums, Books, Characters, Scenes, Episodes, Songs, Dresses, Music Videos, and Trends that entertained us over the 10 Years", Entertainment Weekly, December 11, 2009).
  10. ^ "facebook.com — Quantcast Audience Profile". Quantcast.com. 27 Oktober 2010. Diakses pada 7 November 2010.
  11. ^ "41.6% of the U.S. of the U.S. Population has a Facebook account.". 8 Agustus 2010. Diakses pada 6 Januari 2011.
  12. ^ a b Locke, Laura. "The Future of Facebook", Time Magazine, July 17, 2007. Retrieved November 13, 2009.
  13. ^ Tabak, Alan J., "Hundreds Register for New Facebook Website", Harvard Crimson, 9 Februari 2004. Diakses pada 7 November 2008.
  14. ^ a b McGirt, Ellen. "Facebook's Mark Zuckerberg: Hacker. Dropout. CEO. ", Fast Company, May 1, 2007. Retrieved November 5, 2009.
  15. ^ Kaplan, Katherine (November 19, 2003). "Facemash Creator Survives Ad Board". The Harvard Crimson. Diakses pada 5 Februari 2009.
  16. ^ Hoffman, Claire (June 28, 2008). "The Battle for Facebook". Rolling Stone. Diarsipkan dari yang asli pada 3 Juli 2008. Diakses pada 5 Februari 2009.
  17. ^ Seward, Zachary M.. "Judge Expresses Skepticism About Facebook Lawsuit", The Wall Street Journal, 25 Juli 2007. Diakses pada 30 April 2008.
  18. ^ Carlson, Nicolas, "In 2004, Mark Zuckerberg Broke Into A Facebook User's Private Email Account", Business Insider, 5 Maret 2010. Diakses pada 5 Maret 2010.
  19. ^ Brad Stone. "Judge Ends Facebook’s Feud With ConnectU", The New York Times, 28 Juni 2008.
  20. ^ Phillips, Sarah. "A brief history of Facebook", The Guardian, 25 Juli 2007. Diakses pada 7 Maret 2008.
  21. ^ a b "Press Room". Facebook. 1 Januari 2007. Diakses pada 5 Maret 2008.
  22. ^ Rosmarin, Rachel. "Open Facebook", Forbes, 11 September 2006. Diakses pada 13 Juni 2008.
  23. ^ "Online network created by Harvard students flourishes". The Tufts Daily. Diakses pada 21 Agustus 2009.
  24. ^ Rosen, Ellen. "Student's Start-Up Draws Attention and $13 Million", The New York Times, 26 Mei 2005. Diakses pada 18 Mei 2009.
  25. ^ "Why you should beware of Facebook", The Age, 20 Januari 2008. Diakses pada 30 April 2008.
  26. ^ Williams, Chris (October 1, 2007). "Facebook wins Manx battle for face-book.com". The Register. Diakses pada 13 Juni 2008.|
  27. ^ "Blog post". Diakses pada 26 Juni 2010.
  28. ^ "Blog post". Diakses pada 26 Juni 2010.
  29. ^ "Blog post". Diakses pada 26 Juni 2010.
  30. ^ "Announcement". Facebook. Diakses pada 26 Juni 2010.
  31. ^ Zuckerberg, Mark (2010-07-21). "500 Million Stories". Facebook. Diakses pada 21 Juli 2010.
  32. ^ Carlson, Nicholas (2011-01-05). "Goldman to clients: Facebook has 600 million users". MSNBC. Diakses pada 11 Februari 2011.
  33. ^ Dempsey, Laura. "Facebook is the go-to Web site for students looking to hook up", Dayton Daily News, 3 Agustus 2006.
  34. ^ Lerer, Lisa. "Why MySpace Doesn't Card", Forbes, 25 Januari 2007. Diakses pada 13 Juni 2008.
  35. ^ Lacy, Sarah (September 12, 2006). "Facebook: Opening the Doors Wider". BusinessWeek. Diakses pada 9 Maret 2008.
  36. ^ a b Abram, Carolyn, "Welcome to Facebook, everyone", Facebook, 26 September 2006. Diakses pada 8 Maret 2008.
  37. ^ "Terms of Use". Facebook. 15 November 2007. Diakses pada 5 Maret 2008.
  38. ^ "Facebook and Microsoft Expand Strategic Alliance". Microsoft. 24 Oktober 2007. Diakses pada 8 November 2007.
  39. ^ "Facebook Stock For Sale". BusinessWeek. Diakses pada 6 Agustus 2008.
  40. ^ "Press Releases". Facebook. 30 November 2008. Diakses pada 30 November 2008.
  41. ^ "Facebook 'cash flow positive,' signs 300M users", Cbc.ca, 16 September 2009. Diakses pada 23 Maret 2010.
  42. ^ Facebook Becomes Third Biggest US Web Company http://www.thejakartaglobe.com/technology/facebook-becomes-third-biggest-us-web-company/406751
  43. ^ "6 Reasons Groupon's Rejection Of Google Is Great For The Universe". Businessinsider.com. 10 Desember 2010. Diakses pada 13 Januari 2011.
  44. ^ "Facebook Reaches Top Ranking in US".
  45. ^ "Product Overview FAQ: Facebook Ads". Facebook. Diakses pada 10 Maret 2008.[pranala nonaktif]
  46. ^ Story, Louise. "To Aim Ads, Web Is Keeping Closer Eye on You", The New York Times, 10 Maret 2008. Diakses pada 9 Maret 2008.
  47. ^ a b Cluley, Graham (February 1, 2010). "Revealed: Which social networks pose the biggest risk?". Sophos. Diakses pada 12 Juli 2010.
  48. ^ "Facebook May Revamp Beacon". BusinessWeek. 28 November 2007. Diakses pada 18 Juli 2010.
  49. ^ "Google AdWords Click Through Rates Per Position". AccuraCast. 9 Oktober 2009. Diakses pada 18 Juli 2010.
  50. ^ Denton, Nick (March 7, 2007). "Facebook 'consistently the worst performing site'". Gawker. Diakses pada 18 Juli 2010.
  51. ^ "Facebook Says Click Through Rates Do Not Match Those At Google". TechPulse 360. 12 Agustus 2009. Diakses pada 18 Juli 2010.
  52. ^ Leggatt, Helen (July 16, 2007). "Advertisers disappointed with Facebook's CTR". BizReport. Diakses pada 18 Juli 2010.
  53. ^ Arrington, Michael (2006-04-26). "Facebook Goes Beyond College, High School Markets". TechCrunch. Diakses pada 13 Juli 2010.
  54. ^ Schonfeld, Erick (2008-01-31). "Facebook Finances Leaked". TechCrunch. Diakses pada 13 Juli 2010.
  55. ^ Arrington, Michael (2009-05-19). "Facebook Turns Down $8 billion Valuation Term Sheet, Claims 2009 Revenues Will Be $550 million". TechCrunch. Diakses pada 13 Juli 2010.
  56. ^ Tsotsis, Alexia (2011-01-05). "Report: Facebook Revenue Was $777 Million In 2009, Net Income $200 Million". TechCrunch. Diakses pada 5 Januari 2011.
  57. ^ Womack, Brian (2010-12-16). "Facebook 2010 Sales Said Likely to Reach $2 Billion, More Than Estimated". Bloomberg. Diakses pada 5 Januari 2011.
  58. ^ Klaassen, Abbey (August 13, 2009). "Facebook's Click-Through Rates Flourish ... for Wall Posts". AdAge. Diakses pada 18 Juli 2010.
  59. ^ "Involver Delivers Over 10x the Typical Click-Through Rate for Facebook Ad Campaigns". Press release. 31 Juli 2008. Diakses pada 18 Juli 2010.
  60. ^ Walsh, Mark (June 15, 2010). "Study: Video Ads On Facebook More Engaging Than Outside Sites". MediaPost. Diakses pada 18 Juli 2010.
  61. ^ "Facebook Factsheet". Diakses pada 21 November 2010.
  62. ^ "Facebook's friend in Russia", CNN, 4 Oktober 2010. Diakses pada 18 Desember 2010.
  63. ^ David Kirkpatrick. The Facebook Effect. hlm. 322. ISBN 1439102112.
  64. ^ McCarthy, Caroline (May 11, 2008). "As Facebook goes corporate, Mark Zuckerberg loses an early player". CNET.com. Diakses pada 12 Juli 2010.
  65. ^ "FB.com acquired by Facebook". 11 Januari 2011.
  66. ^ "Edit Your Profile". Facebook. Diarsipkan dari yang asli pada 27 Februari 2008. Diakses pada 7 Maret 2008.
  67. ^ "Search Privacy". Facebook. Diakses pada 13 Juni 2009.
  68. ^ Barton, Zoe (April 28, 2006). "Facebook goes corporate". ZDNet. Diarsipkan dari yang asli pada 26 Mei 2008. Diakses pada 9 Maret 2008.
  69. ^ "Choose Your Privacy Settings". Facebook. Diakses pada 10 September 2009.
  70. ^ Stone, Brad. "Facebook Expands Into MySpace’s Territory", The New York Times, 25 Mei 2007. Diakses pada 8 Maret 2008.
  71. ^ Ciccone, David (May 7, 2009). "Facebook Connect fully integrated into Mobility Today". Diakses pada 10 September 2010.
  72. ^ Sullivan, Mark (July 24, 2007). "Is Facebook the New MySpace?". PC World. Diakses pada 30 April 2008.
  73. ^ a b Der, Kevin. "Facebook is off-the-wall". Facebook. Diakses pada 30 Juli 2007.
  74. ^ "Inbox, Messages and Pokes". Facebook. Diakses pada 9 Maret 2008.
  75. ^ "The Facebook Gifts". Facebook. Diakses pada 5 Maret 2008.
  76. ^ Ramadge, Andrew, "Facebook is ... reconsidering the word "is"", News Limited, 26 November 2007. Diakses pada 8 Maret 2008.
  77. ^ Sanghvi, Ruchi (September 6, 2006). "Facebook Gets a Facelift". Facebook. Diakses pada 11 Februari 2008.
  78. ^ "Facebook: Celebrate Your Birthday Every Day". Diakses pada 9 Maret 2010.
  79. ^ Lacy, Sarah (September 8, 2006). "Facebook Learns from Its Fumble". BusinessWeek. Diakses pada 28 Juni 2008.
  80. ^ Gonsalves, Antone (September 8, 2006). "Facebook Founder Apologizes In Privacy Flap; Users Given More Control". InformationWeek. Diakses pada 28 Juni 2008.
  81. ^ {{{1}}} patent {{{2}}}
  82. ^ "US Patent No. 7669123". Social Media. 1 Maret 2010. Diakses pada 9 Maret 2010.
  83. ^ "Facebook's news-feed patent could mean lawsuits". CNN. Retrieved July 12, 2010.
  84. ^ Arrington, Michael (May 24, 2007). "Facebook Launches Facebook Platform; They are the Anti-MySpace". TechCrunch. Diakses pada 28 Juni 2008.
  85. ^ "Share More Memories with Larger Photo Albums". Diakses pada 4 Januari 2010.
  86. ^ "Upload: 60 or 200 photos in the same album?". Diakses pada 25 Januari 2009.
  87. ^ "How can I add more than 60 photos to an album?". Diakses pada 25 Januari 2009.
  88. ^ "Example of album from a regular user with a 200-photo limit". Diakses pada 25 Januari 2009.
  89. ^ "Photos". Facebook. Diakses pada 15 Maret 2008.
  90. ^ Eugene (May 14, 2008). "Facebook Chat". Facebook. Diakses pada 2 Juni 2008.
  91. ^ Facebook (April 6, 2008). April 6, 2008 Press Release. Rilis pers. Diakses pada April 11, 2008.
  92. ^ "Give gifts on Facebook!". Facebook. Diakses pada 15 Maret 2008.
  93. ^ "Gifts". Facebook. Diakses pada 15 Maret 2008.
  94. ^ "The Marketplace Is Open...". Facebook. Diakses pada 15 Maret 2008.
  95. ^ McCarthy, Caroline (May 13, 2007). "Hands-on with Facebook Marketplace". CNET. Diakses pada 15 Maret 2008.
  96. ^ "Facebook Facelift Targets Aging Users and New Competitors". The New York Times. July 21, 2008.
  97. ^ "Moving to the new Facebook". Facebook. Diakses pada 12 September 2008.
  98. ^ Facebook Testing Even Simpler Sign Up; Closing The Gap With MySpace In The U.S., TechCrunch. Published December 11, 2008.
  99. ^ DiPersia, Blaise (June 9, 2009). "Coming Soon: Facebook Usernames". Diakses pada 13 Juni 2009.
  100. ^ "Facebook mail: it might kill Gmail, but 'it's not email'", The Guardian, 15 November 2010.
  101. ^ "Facebook launches new messaging system – San Jose Mercury News". Mercurynews.com. Diakses pada 13 Januari 2011.
  102. ^ Techtree News Staff (August 13, 2008). "Facebook: Largest, Fastest Growing Social Network". Techtree.com. ITNation. Diakses pada 14 Agustus 2008.
  103. ^ "Privacy, Schmivacy: Facebook Is Attracting Near-Record Numbers Of New Visitors". TechCrunch. 7 Juni 2010. Diakses pada 8 September 2010.
  104. ^ "Related info for: facebook.com/". Alexa Internet. Diakses pada 8 Maret 2008.
  105. ^ "Facebook.com Web Site Audience Profile". Quantcast. Diakses pada 9 September 2010.
  106. ^ "We’re Number Two! Facebook moves up one big spot in the charts". Compete.com. Diakses pada 9 September 2010.
  107. ^ McGrath, Kristin. "Status update: Facebook logs 500 million members", USA Today, 22 Juli 2010. Diakses pada 9 September 2010.
  108. ^ Yum, Kenny (May 18, 2007). "Facebook says 'Thanks, Canada'". National Post. Diakses pada 30 April 2008.
  109. ^ Malkin, Bonnie. "Facebook is UK's biggest networking site", The Daily Telegraph, 26 September 2007. Diakses pada 30 April 2008.
  110. ^ Caverly, Doug (June 16, 2009). "comScore: Facebook Catches MySpace in U.S.". WebProNews. iEntry Network. Diakses pada 24 September 2009.
  111. ^ "Facebook grows as MySpace cuts back", Atlanta Business Chronicle, 17 Juni 2009. Diakses pada 24 September 2009. Kutipan: The Conference Board report on first quarter online users in the U.S. showed Facebook with an even larger lead, with 78 percent of social network participants, followed by MySpace (42 percent), LinkedIn (17 percent) and Twitter (10 percent)..
  112. ^ Hasselback, Drew (June 17, 2009). "Comscore says Facebook has surpassed MySpace for U.S. users". FP Posted. The National Post Company. Diakses pada 24 September 2009. "Comscore says Facebook surpassed MySpace among U.S. users in May, while Nielsen figures that actually happened back in January."
  113. ^ Wood, Cara (August 31, 2009). "Keeping pace with mainstream social media". DMNews. Haymarket Media. Diakses pada 24 September 2009. "The giant in the space remains Facebook, which gets 87.7 million unique viewers per month, according to ComScore. MySpace, with nearly 70 million unique monthly visitors, has seen growth stagnate over the past year."
  114. ^ McCarthy, Caroline. "Who will be Facebook's next 500 million?", c net, 21 Juli 2010. Diakses pada 23 September 2008.
  115. ^ "Social Networking". PC Magazine. 13 Agustus 2007. Diakses pada 9 Mei 2008.
  116. ^ "12th Annual Webby Awards Nominees". International Academy of Digital Arts and Sciences. Diakses pada 6 Mei 2008.
  117. ^ "Survey: College Kids Like IPods Better Than Beer", Fox News, 8 Juni 2006. Diakses pada 10 Maret 2008.
  118. ^ Kincaid, Jason (January 8, 2010). "Facebook Takes Best Overall For The Hat Trick". Techcrunch.com. Diakses pada 8 Juli 2010.
  119. ^ "Lead411 launches "Hottest Silicon Valley Companies" awards". Lead411.com. 25 Mei 2010. Diakses pada 8 Juli 2010.
  120. ^ Fowler, Geoffrey A.. "Users Rate Facebook Slightly Above the Tax Man", The Wall Street Journal, 20 Juli 2010. Diakses pada 21 Juli 2010.
  121. ^ Towell, Noel, "The Age article on the world's first court documents to be served via Facebook", Theage.com.au, 15 Juni 2009. Diakses pada 23 Maret 2010.
  122. ^ The Age article on NZ also using Facebook to issue court orders; "Facebook trap criminals in its web".
  123. ^ Jason Cochran. "DWatch out! Bosses are saving money by firing employees over Facebook posts", 6 November 2008. Diakses pada 6 Mei 2010.
  124. ^ Soraya Nadia McDonald. "Facebooking, the rage on college campuses", 4 Juli 2005. Diakses pada 14 September 2009.
  125. ^ December 21, 2007 Kristen Nicole View commentsComments (December 21, 2007). "Mashable.com". Mashable.com. Diakses pada 23 Maret 2010.
  126. ^ "Unfriend is New Oxford dictionary's Word of the Year", USA Today, 17 November 2009. Diakses pada 12 Juli 2010.
  127. ^ Norimitshu Onishi. "Debate on Internet’s Limits Grows in Indonesia", 19 April 2010. Diakses pada 19 April 2010.
  128. ^ "ACFTA: It Certainly Sounds Better Without the ‘C’, Doesn’t It? | Hey Diaspora! – For Misplaced and Displaced Indonesians". Hey Diaspora!. Diakses pada 7 November 2010.
  129. ^ "Openbook – Connect and share whether you want to or not". Youropenbook.org. 12 Mei 2010. Diakses pada 26 Juni 2010.
  130. ^ Steel, Emily and Fowler, Geoffrey A.. "Facebook in Privacy Breach", The Wall Street Journal, Dow Jones, 18 Oktober 2010. Diakses pada 18 Oktober 2010.
  131. ^ "China's Facebook Status: Blocked". ABC News. 8 Juli 2009. Diakses pada 13 Juli 2009.
  132. ^ Ben Stocking. "Vietnam Internet users fear Facebook blackout", The Sydney Morning Herald, 17 November 2009. Diakses pada 9 Januari 2011.
  133. ^ Shahi, Afshin. (July 27, 2008). "Iran's Digital War". Daily News Egypt. Diakses pada 16 Agustus 2008.
  134. ^ (Rusia)"Uzbek authorities have blocked access to Facebook". Diakses pada 21 Oktober 2010.
  135. ^ Cooper, Charles, "Pakistan Bans Facebook Over Muhammad Caricature Row – Tech Talk", CBS News, 19 Mei 2010. Diakses pada 26 Juni 2010.
  136. ^ "Red lines that cannot be crossed", The Economist, 24 Juli 2008. Diakses pada 17 Agustus 2008.
  137. ^ Benzie, Robert, "Facebook banned for Ontario staffers", TheStar.com, 3 Mei 2007. Diakses pada 16 Agustus 2008.
  138. ^ Stone, Brad, "Facebook to Settle Thorny Lawsuit Over Its Origins", The New York Times (blog), 7 April 2008. Diakses pada 5 November 2009.
  139. ^ "ABC News Joins Forces With Facebook". ABCnews.go.com. 18 Desember 2007. Diakses pada 23 Maret 2010.
  140. ^ Doug Minor (November 29, 2007). "Saint Anselm to Host ABC Debates Jan. 5". blogs.saintanselmcollege.net. Diakses pada 18 Juli 2010.
  141. ^ Tahman Bradley (December 12, 2007). "Republicans Lead off ABC News, WMUR-TV and Facebook Back-To-Back Debates in New Hampshire". Blogs.abcnews.com. Diakses pada 23 Maret 2010.
  142. ^ Ezra Callahan (January 5, 2008). "Tune in to the ABC News/Facebook Debates, Tonight 7pm/6c on ABC". Blog.facebook.com. Diakses pada 23 Maret 2010.
  143. ^ Russell Goldman (January 5, 2007). "Facebook Gives Snapshot of Voter Sentiment". ABCnews.go.com. Diakses pada 23 Maret 2010.
  144. ^ Michelle Sullivan. "'Facebook Effect' Mobilizes Youth Vote", CBSnews.com, 3 November 2008. Diakses pada 23 Maret 2010.
  145. ^ Brodzinsky, Sibylla (February 4, 2008). "Facebook used to target Colombia's FARC with global rally". Christian Science Monitor. Diakses pada 1 Agustus 2010.
  146. ^ Roberts, Laura, "North Korea joins Facebook", Telegraph, 21 Agustus 2010. Diakses pada 22 Agustus 2010.
  147. ^ "Facebook 'linked to rise in syphilis'", The Daily Telegraph, 24 Maret 2010.
  148. ^ "Oldest Tweeter talks cuppas and casserole on Twitter at 104", Daily Telegraph, 15 May 2009
  149. ^ Alex Millson "Stars pay tribute to world's oldest Twitter user Ivy Bean after she dies aged 104", Daily Mail, 28 July 2010
  150. ^ Gray, Melissa, "Ivy Bean, 'world's oldest Twitter user,' dead at 104", cnn.com, 28 Juli 2010. Diakses pada 31 Juli 2010.
  151. ^ "The IT Crowd series 3 DVD review". Den Of Geek.com. 22 Maret 2009. Diakses pada 7 Juni 2010. "Anyone who passes more than 15% of their working day on Facebook will love the 'Friendface' episode in series 3, which gently suggests that the likes of Friends Reunited and Facebook have a tendency to dig up situations – and people – that were buried with good reason"
  152. ^ Hempel, Jessi, "The book that Facebook doesn't want you to read", money.cnn.com, Cable News Network, 25 Juni 2009. Diakses pada 3 Juli 2010.
  153. ^ Hussain, Waqar (May 27, 2010). "AFP: Pakistanis create rival Muslim Facebook". Google.com. Diakses pada 9 Juni 2010.
  154. ^ "South Park parodies Facebook", The Guardian, 8 April 2010. Diakses pada 7 Juni 2010.
  155. ^ "The Social Network (2010)". imdb.com. amazon.com. Diakses pada 3 Juli 2010.
  156. ^ "Mark Zuckerberg Calls The Social Network Inaccurate", diakses pada 2 Oktober 2010





Jenis Swasta
Didirikan Cambridge, Massachusetts (2004)
Pendiri Mark Zuckerberg
Eduardo Saverin
Dustin Moskovitz
Chris Hughes
Kantor pusat Palo Alto, California, AS, akan pindah ke Menlo Park, California, AS mulai Juni 2011
Wilayah Seluruh dunia
Tokoh utama Mark Zuckerberg (CEO)
Chris Cox (Wakil Presiden Produk)
Sheryl Sandberg (COO)
Donald E. Graham (Chairman)
Pendapatan US$800 juta (perk. 2009)
Laba bersih N/A
Karyawan 2000+(2011)[3]
Situs web facebook.com
Mendukung IPv6 Ya, URL khusus www.v6.facebook.com
Peringkat Alexa 2 (February 2011)
Jenis situs Layanan jejaring sosial
Periklanan Banner ads, referral marketing, permainan kasual
Pendaftaran Dibutuhkan
Pengguna 600 million (active in January 2011)
Bahasa Multibahasa
Diluncurkan 4 Februari 2004
Status Aktif